Cara Menaikkan Trombosit Dengan Cepat

Trombosit merupakan salah satu dari jenis sel darah selain sel darah merah dan sel darah putih. Saat Anda mengalami luka, biasanya darah akan cepat menggumpal dan menghentikan pendarahan. Itulah fungsi trombosit dalam darah Anda. Sebaliknya, ketika jumlah trombosit dalam darah Anda tidak cukup, maka darah tidak mampu menggumpal dan pendarahan terus terjadi.

Gejala kekurangan trombosit

Kondisi kekurangan jumlah trombosit disebut juga sebagai trombositopenia. Biasanya, kurangnya jumlah trombosit akan menimbulkan beberapa gejala seperti :
  • Mimisan / hidung berdarah
  • Gusi berdarah
  • Darah dalam urin
  • Perdarahan menstruasi yang berat
  • Ruam
  • Perdarahan luka berkepanjangan
  • Darah pada BAB
  • Dalam kondisi parah dapat menyebabkan muntah darah
  • Pendarahan internal yang berat dapat menyebabkan pendarahan di otak. Konsultasikan dengan dokter Anda segera jika Anda memiliki jumlah trombosit darah yang rendah dan mengalami sakit kepala atau masalah neurologis.

Makanan untuk menambah dan mempertahankan trombosit

Anda sebaiknya mengonsumsi makanan  yang mengandung nutrisi seperti :
1. Makanan kaya vitamin A
Vitamin A sangat penting yang bermanfaat untuk pembentukan protein dalam tubuh. Kandungan protein yang sehat dalam tubuh membantu dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel. Makanan-makanan yang mengandung vitamin A antara lain wortel, labu, kale dan ubi jalar.

2. Makanan kaya akan folat
Jumlah trombosit darah yang lebih rendah bisa jadi disebabkan oleh kekurangan folat. Folat sangat penting untuk pembelahan sel yang sehat di dalam tubuh yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah. Anda bisa mendapatkan asupan folat dari jus jeruk, bayam, asparagus, dan sayuran hijau.

3. Makanan kaya vitamin K
Vitamin K diperlukan oleh tubuh untuk memastikan pertumbuhan sel yang sehat pada tingkat optimal. Anda dapat mengonsumsi makanan seperti kale, telur, sayuran berdaun hijau, hati, daging, kubis, peterseli, dan lainnya akan membantu meningkatkan jumlah trombosit darah Anda.

4. Vitamin B12
Vitamin B12 dapat membantu menjaga sel-sel darah Anda tetap sehat. Biasanya jumlah trombosit yang rendah sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin B12 . Vitamin B-12 umumnya ditemukan pada telur, susu, keju dan lain-lain.

5. Zat besi
Zat besi dikenal dapat meningkatkan produksi sel-sel sehat dalam tubuh sehingga sangat baik penderita anemia. Untuk memperoleh asupan zat besi Anda bisa mengonsumsi biji labu, delima, kacang, dan sayuran hijau.

6. Makanan kaya vitamin C
Vitamin C membantu menjaga fungsi trombosit dengan baik dan membantu menyerap zat besi yang bermanfaat meningkatkan trombosit darah. Tambahkan mangga, brokoli, nanas, tomat, paprika, dan kembang kol.

7. Rumput gandum
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Universal Pharmacy and Life Sciences, rumput gandum telah dikenal untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit darah. Minum secangkir rumput gandum bersama dengan setetes jus lemon dapat membantu meningkatkan trombosit darah.

Suplemen untuk menambah trombosit

Mengonsumsi suplemen yang lengkap dengan nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan di atas akan membantu melengkapi asupan harian Anda. Salah satu produk suplemen yang direkomendasikan adalah Spirulina Plus.

Spirulina Plus mengandung Spirulina, Chlorella, barley grass dan rumput gandum yang keempatnya menyuplai asupan nutrisi lengkap dari protein, lemak, vitamin, mineral, enzym dan asam amino essensial.

Khusus untuk trombosit rendah, kandungan vitamin A, C, K, B12, zat besi maupun rumput gandum pada Spirulina Plus dapat membantu meningkatkan kadar sel trombosit dalam darah dengan cepat. Lihat Spirulina Plus lebih lengkap di sini.

Comments

Artikel Lainnya

Suplemen Penambah Trombosit Darah, Spirulina Plus

Suplemen Omega 3 Yang Bagus dan Terbaik, Jangan Salah Pilih!